Murid biMBA Padang Kunjungi Perpustakaan

Murid biMBA Padang Kunjungi Perpustakaan

Perpustakaan dapat mendukung tumbuhnya minat baca dan belajar anak-anak. Oleh sebab itulah, sejumlah murid biMBA diajak berkunjung ke perpustakaan agar mereka mengenal dunia pustaka dan dekat dengan buku. Seperti yang dilakukan gabungan beberapa unit biMBA di Padang, Sumatera Barat beberapa waktu lalu mengunjungi Perpusda Sumatera Barat.

Kunjungan sebanyak 60 murid biMBA-AIUEO dari Unit Parak Gadang, Bauaran, Kaumbuak, Aia Pacah, dan Surau Gadang tersebut disambut oleh Kasie Promosi dan Pelayanan Perpusda Sumatera Barat, Kusuma Dewi. Dalam sambutannya, Kusuma Dewi berharap acara semacam ini dapat dilakukan secara berkala. Sebab, anak-anak memang perlu diperkenalkan dan didekatkan dengan buku.

“Perpustakaan daerah Sumatera Barat telah diupayakan untuk ramah anak sehingga anak bisa menjadikan pustaka sebagai tempat yang nyaman. Di Perpusda ini sudah menyediakan ruangan khusus yang diperuntukkan untuk anak seperti ruang dongeng,” ujar Kusuma Dewi yang menyambut kedatangan anak-anak biMBA dengan sangat ramah, Rabu, 26 September 2018.

Saat berkunjung ke perpustakaan, anak-anak biMBA tampak sangat senang. Mereka berkeliling ke rak-rak yang mengoleksi ribuan buku dan mencari buku kesukaannya. Setelah menemukan buku pilihan, selanjutnya mereka membacanya dan ada pula yang dibacakan oleh ibu guru. Sejumlah pendamping dari Perpusda memberikan informasi dan membimbing anak-anak biMBA mengenal koleksi buku di perpustakaan.

Pada acara tersebut juga diadakan pentas baca. Sejumlah anak menunjukkan kemampuannya membaca secara bergantian yang disaksikan orangtua masing-masing. Kegiatan semacam ini tak hanya ditujukan untuk anak-anak. Namun, diharapkan pula dapat bermanfaat memotivasi orangtua untuk rajin mengajak putera-puterinya berkunjung ke perpustakaan sehingga terbentuk komunitas pembelajar.

Koordinator Wilayah biMBA-AIUEO Padang, Khairatunnisa Nanda menjelaskan kunjungan ke perpustakaan ini bertujuan memasyarakatkan minat baca di kalangan anak usia dini. Selain itu, juga diharapkan memberikan dampak motivasi bagi para orangtua untuk mendukung pemasyarakatan minat baca bagi putera-puterinya. Hal tersebut juga merupakan aksi nyata biMBA-AIUEO sebagai anggota aktif Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB).

“GPMB dibentuk oleh pemerintah yang berada di bawah Perpusnas RI. Organisasi ini harus terus didorong untuk berbuat nyata dalam memasyarakatkan minat baca. Semoga kegiatan kecil ini dapat mewujudkan apa yang diharapkan dari terbentuknya GPMB dalam berkontribusi bagi bangsa,” ujar Khairatunnisa. (Aks)

Sambutan Kasie Promosi dan Pelayanan Perpusda Sumatera Barat, Kusuma Dewi
Sambutan Kasie Promosi dan Pelayanan Perpusda Sumatera Barat, Kusuma Dewi

Tinggalkan Balasan