Outbound biMBA Yogyakarta Melatih ‘Ketegaan’ Orangtua Demi Kemandirian Anak

Outbound biMBA Yogyakarta

Sleman – Kegiatan outbound di alam bebas, bukan hanya wahana belajar bagi anak-anak, melainkan juga bisa menjadi sarana belajar untuk para orangtua. Terutama melatih orangtua untuk tega membiarkan anaknya berjuang menghadapi rintangan dan mengatasi hambatan. Suasana semacam itulah yang menjadikan jalannya outbound menjadi seru dan bisa bikin baper.

Kesan tersebut juga dirasakan Abei Rizky Nachram, ayahanda dari Shakila murid biMBA Bumijo saat berlangsung outbound yang diikuti delapan unit biMBA di Yogyakarta, Minggu, 7 Oktober 2018. Menurut Abei, ia bersama isterinya lebih banyak membiarkan Shakila yang berusia lima tahun itu bermain bebas dengan pengawasan pemandu outbound, sedangkan dirinya cukup mengawasi dari jauh.

“Selama outbound saya malah sering terganggu dengan banyaknya orangtua yang masih memegangi anaknya atau berkerumun di dekat anak-anak saat mereka bermain karena anak saya jadi tidak kelihatan dari jauh. Memang wajar ada sebagian orangtua yang masih khawatir dengan anak-anaknya. Misal takut jatuh, atau khawatir anaknya tidak mampu menghadapi rintangan,” ungkapnya di sela kegiatan yang berlangsung di Jogja Exotarium, Sleman.

Outbound keluarga biMBA Yogyakarta secara keseluruhan berlangsung meriah, diikuti 177 anak yang berasal dari delapan unit gabungan di Yogyakarta. Kegiatan diisi dengan permainan kerjasama tim, seperti estafet air dalam gelas dan adu cepat mengumpulkan bola warna. Selain itu, ada pula permainan individu dan halang rintang meniti tali serta memanjat dinding.

Usai permainan, anak-anak tampak sangat senang ketika tiba giliran jalan berkeliling di mini zoo. Mereka dapat melihat aneka koleksi satwa seperti ular, musang, tupai, burung, ighuana, dan kuda. Mereka juga berkesempatan memberi makan kura-kura dan kelinci. Acara diakhiri dengan tangkap ikan dan setiap anak mendapat jatah ikan hidup untuk dibawa pulang.

Koordinator Wilayah biMBA-AIUEO Yogyakarta, Aksan Susanto mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan untuk membangun semangat komunitas. “Kebersamaan ini akan membuat kita yakin bahwa kita punya banyak teman dalam membangun generasi pembelajar dan memasyarakatkan minat baca maupun minat belajar. Selain itu, juga sarana bagi orangtua untuk belajar tega melepas anak demi kemandiriannya,” tandasnya. (Aks)

Antusiasme keluarga biMBA Yogyakarta mengikuti kegiatan outbound
Antusiasme keluarga biMBA Yogyakarta mengikuti kegiatan outbound
Permainan adu cepat mengumpulkan bola warna
Permainan adu cepat mengumpulkan bola warna
Memberi makan kura-kura
Memberi makan kura-kura

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: