Outbound Parenting Keluarga Besar biMBA Purworejo

Outbound Parenting Keluarga Besar biMBA Purworejo

Purworejo – “Kami berjanji akan menemani anak bermain tanpa gadget di rumah minimal 1 jam!” Begitu bunyi ikrar orangtua  dalam satu sesi permainan indoor di acara Outbound Parenting keluarga besar biMBA Purworejo.  Wah, mengapa ada ikrar ya?  Yuk, kita cari tahu alasannya!

Kemajuan dunia digital merambah semua lini kehidupan.  Hal ini seperti dua sisi mata uang, memberikan manfaat atau dampak. Dampak paling nyata yaitu adanya jarak antara orangtua dan anak.  Celah ini tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang anak.  Berbekal kepedulian pada masa depan anak, maka acara Outbound Parenting keluarga besar biMBA Purworejo digagas.

Baca: Lomba Mewarnai biMBA Unit Kemiri Purworejo

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2018 ini diikuti oleh 120 murid beserta orangtua.  Bertempat di desa wisata pelangi atau yang dikenal juga dengan desa MINARNI (Majan Indah Warna-Warni) di Desa Wonoroto, Kecamatan Cangkep, Kabupaten Purworejo.

Outbound Parenting dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB.  Dibuka dengan lagu Jari Jempol dan doa sebelum belajar. Kemudian dilanjutkan dengan permainan indoor orangtua bersama anak. Tujuannya agar orangtua dapat memaksimalkan waktu bermain dengan anak yang selama ini jarang dilakukan.

Anak juga dilatih untuk mengekspresikan kasih sayang terhadap orangtua, dengan cara mencium, memeluk, orangtuanya. Diharapkan kegiatan seperti ini akan menjadi budaya di rumah, sehingga makin mempererat ikatan emosional antara orangtua dan anak.  Sesi ini menimbulkan rasa bersalah dan haru yang mendalam dari sisi orangtua.  Selama ini mereka kurang banyak meluangkan waktu untuk menemani anak bermain.  Waktunya lebih banyak dihabiskan dengan bekerja dan gadget.

Baca: Mengenal Alam dan Mandiri melalui Outbound 5 Unit biMBA Surabaya

Acara kemudian dilanjutkan dengan permainan outdoor yang beragam visi.  Permainan tree top untuk menguji keberanian anak menghadapi rintangan di atas pohon. Ada juga permainan kekompakan team seperti seperti memindahkan air menggunakan media gelas dan tali, bermain lempar bola, tangkap ikan, merayap di jembatan ban, dan diakhiri permainan di sungai.

Anak-anak sangat bahagia bisa melakukan permainan yang tidak biasa dimainkan di rumah sambil ditemani oleh orangtuanya. Diharapkan tujuan kegiatan untuk melatih motorik anak serta membangun kedekatan antara orangtua dan anak bisa tercapai.(Titah/Nikk)

Antusiasme keluarga besar biMBA Purworejo di acara Outbound Parenting
Antusiasme keluarga besar biMBA Purworejo di acara Outbound Parenting
Murid biMBA Purworejo mengekspresikan kasih sayangnya terhadap orang tua
Murid biMBA Purworejo mengekspresikan kasih sayang terhadap orang tua
Belajar bercocok tanam
Belajar bercocok tanam
Permainan outdoor merayap di jembatan ban
Permainan outdoor merayap di jembatan ban

Tinggalkan Balasan