Pendidikan Tepat Untuk Anak Usia Dini

Pendidikan Tepat Untuk Anak Usia Dini

Hai Sahabat Pembelajar. Kalian pasti pernah mendengar istilah ‘usia dini’, kan? Mereka adalah kelompok anak yang berada dalam fase pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Anak usia dini memiliki karakter berbeda dan cara mendidik yang berbeda pula, untuk itu setiap anak perlu dibimbing. Sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas tahun 2003 pasal 1 ayat 14, upaya pembinaan ditujukan bagi anak usia 0-6 tahun melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Masa usia dini biasa disebut masa golden age atau masa keemasan. Pada masa ini, otak anak mengalami perkembangan yang pesat, kurang lebih 80%. Anak dapat mempelajari berbagai macam keterampilan dan mampu menyerap informasi sangat tinggi. Bahkan karakter atau perilaku mereka ketika dewasa nanti mulai terbentuk saat usianya masih dini.

Melihat betapa pentingnya masa golden age  ini terkadang membuat ayah bunda bingung tentang bagaimana memberikan pendidikan untuk buah hati tercinta? Pendidikan seperti apa yang perlu diterapkan pada anak? Hingga institusi apa yang bisa membimbing anak usia dini?

Baca juga

Hadirnya biMBA-AIUEO adalah jawaban untuk ayah bunda yang masih bingung memilih institusi yang tepat untuk anak. biMBA AIUEO hadir untuk mengisi masa keemasan (golden age) buah hati kita dan membentuk karakternya menjadi senang belajar, dengan cara menumbuhkan Minat baca dan belajarnya melalui proses belajar yang sepenuhnya menyenangkan (Fun Learning).

Ketika anak merasa belajar itu menyenangkan, maka akan tumbuh fondasi karakter Minat belajar yang menggelora dari dalam dirinya sendiri, tanpa adanya paksaan dari orang tua, guru, dan siapa pun.

Dalam hal membentuk dan menumbuhkan karakter Minat belajar memerlukan proses yang panjang, karena karakter manusia tidak terjadi secara otomatis. Karakter tidak terbentuk dalam waktu 1 atau 2 bulan saja, tetapi perlu pembiasaan sehari-hari, sehingga waktu yang paling tepat yaitu dimulai dari masa golden age.

Masa golden age ini merupakan masa kritis atau “critical period” untuk membentuk karakter seseorang sejak usia dini. Keberhasilan atau kegagalan pengembangan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual anak sering terletak pada ketidaktahuan orang tua tentang peluang masa golden age ini. Yuk kita bimbing Minat belajar anak dengan cara yang menyenangkan. (Cr/Ern)

Tinggalkan Balasan