Pengawasan Terhadap Anak Dalam Menggunakan Internet

Pengawasan Terhadap Anak Dalam Menggunakan Internet
Sumber: Freepik

Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat cepat menyebar di berbagai aspek kehidupan. Salah satu contoh dari teknologi komunikasi dan informasi adalah internet. Hal ini ditandai dengan pengguna internet yang hampir masif di seluruh penjuru bumi. 

Sebagai sebuah kebutuhan sehari-hari, internet memudahkan kita untuk berkomunikasi dan mengakses informasi secara cepat. Sederhananya, internet bekerja dengan cara menghubungkan setiap perangkat elektronik yang tersambung, baik lewat kabel atau wireless, antara satu pengguna dengan pengguna yang lain. Dengan teknologi jaringan mutakhir yang dipakai internet, membuat setiap informasi dapat disalurkan secara cepat dan aman ke seluruh belahan dunia.

Selain itu, internet merupakan jaringan teknologi informasi yang memiliki 3 keistimewaan, yang antara lain:

  1. Kebebasan internet. Internet dapat memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi secara bebas.
  2. Lebih dinamis serta dinilai sangat mengikuti perkembangan waktu. Kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses adalah informasi–informasi yang paling baru apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.
  3. Internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarenakan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat.

Melihat dari keistimewaan internet di atas, kehadiran internet ini sangat bermanfaat. Namun, ayah bunda perlu mengetahui bahwa Internet ini diibaratkan pisau bermata dua, di satu sisi memberikan dampak positif, dan di sisi lain juga dapat memberikan dampak yang negatif bagi penggunanya.

Oleh karena itu, perlunya para orang tua untuk memahami pemanfaatan internet ini agar dapat mengawasi anak dalam menggunakan internet, terutamanya kepada anak yang masih tergolong di bawah umur, yaitu anak usia dini dan anak sekolah.

Baca juga

Kenapa perlu mengawasi anak menggunakan internet?

Ada beberapa dampak negatif internet bagi anak jika tidak dalam pengawasan orang tua, yaitu : (1) anak kecanduan menggunakan internet; (2) Mengurangi sifat sosialisasi anak terhadap lingkungan; dan (3) Mudah mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan usia anak. Inilah permasalahan yang sekarang banyak menjadi kekhawatiran oleh para orang tua.

Ada beberapa tips mengurangi dampak negatif internet kepada anak yang bisa dilakukan Ayah Bunda di rumah.

  1. Mendampingi anak saat menggunakan internet.
  2. Memberi batasan waktu kepada anak dalam mengakses internet dalam sehari.
  3. Menginstal game edukatif khusus anak di gadget yang bisa membantu proses belajarnya.
  4. Mengajak anak bermain mainan yang melibatkan aktivitas fisik, seperti bermain lego, bercerita, dan membaca buku.

Selain tips di atas, biMBA-AIUEO hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan solusi atas kekhawatiran Ayah Bunda tersebut. biMBA-AIUEO adalah satu-satunya institusi pendidikan yang fokus terhadap menumbuhkan Minat baca dan belajar anak usia dini. Dengan menumbuhkan Minat baca dan belajarnya, maka anak akan senang belajar termasuk dengan memanfaatkan internet sebagai media belajarnya. (Crn)

Tinggalkan Balasan