Pengukuhan PP GPMB, Kepala Perpusnas: Lawan Opini Budaya Rendah Membaca

Pengukuhan PP GPMB
Sumber: Perpusnas

Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando melantik 67 Pengurus Pusat Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (PP-GPMB) periode 2019-2023 dengan dinakhodai Dr. Tjahjo Suprajogo, Msi. sebagai Ketua Umum. Pentingnya Minat Baca disampaikan dalam pidatonya di Aula Serbaguna Gedung Utama Perpustakaan Nasional pada Rabu, 27 November 2019. 

Dilansir dari perpusnas.go.id, Syarif Bando menyatakan bahwa pengukuhan ini baru sebagai langkah awal perjuangan, “Genderang perang sudah kita tabuh, untuk bagaimana membangkitkan gerakan semangat budaya baca sekaligus melawan opini yang berkembang di kalangan masyarakat, bahwa budaya baca masyarakat Indonesia saat ini masih rendah,” ujarnya. 

Baca juga

Direktur Pengembangan biMBA-AIUEO yang juga diamanahkan menjadi Wakil Kepala Biro Penguatan Pengembangan dan Advokasi Organisasi dalam kepengurusan PP-GPMB periode 2019-2023, Imam Sutrisno menyatakan bahwa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Minat Baca adalah suatu keniscayaan untuk membentuk budaya gemar membaca. “biMBA-AIUEO konsisten melakukan misinya yang sejalan dengan GPMB untuk menumbuhkan Minat Baca, khususnya pada anak usia dini dengan metode biMBA,” ujarnya. 

“Komitmen menumbuhkan Minat Baca anak usia dini ini terbukti dengan berkembangnya lebih dari 2200 cabang di seluruh Indonesia,” lanjut Imam dalam wawancaranya dengan redaksi majalah Sahabat biMBA.

biMBA-AIUEO telah menjadi keluarga Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca  (GPMB) sejak 7 April 2016 lalu. GPMB sendiri merupakan gerakan yang independen di bawah naungan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam menumbuhkan Minat Baca di masyarakat sebagai wadah untuk memajukan literasi bangsa Indonesia. (Bim)

 

Pengukuhan PP GPMB
Pengurus Pusat GPMB terlantik berpose salam literasi. (Sumber: GPMB)

Tinggalkan Balasan