Pentingnya Individual Sistem untuk Anak

Pentingnya Individual Sistem untuk Anak

Tahukah Ayah bunda, bahwa pendekatan secara individu pada anak adalah hal yang harus dilakukan untuk proses belajar yang menyenangkan. Kita akan tahu bagaimana karakter anak dan kesukaan anak sehingga akan mudah memasuki dunia mereka, anak cenderung merasa dihargai apabila kita bisa memahami keinginan mereka.

Anak merupakan subjek belajar artinya semua berpusat kepada anak, apabila kita sudah tahu kesukaan anak dan karakter anak maka kebutuhan dan hak anak akan terpenuhi, yakni kebutuhan bermain dan hak belajar. Kita harus bisa mempadukan keduanya agar anak senang, ketika anak senang maka anak tidak akan merasa terbebani dan terpaksa.

Baca juga

Sebagai orang dewasa kita bisa berperan sebagai fasilitator yang membantu anak dalam proses belajar, selain itu juga harus memotivasi anak agar tetap semangat dan kita harus memvariasikan kegiatan bermain dan belajar dengan tujuan anak tidak merasa bosan.

Ayah bunda juga bisa loh menerapkan individual system untuk anak di rumah. Apalagi anak lebih banyak memiliki waktu dengan keluarga, tentunya orang tua akan lebih paham mengenai kesukaan dan karakter anaknya masing-masing dan akan lebih mudah lagi memasuki dunia anak.

Nah, apabila kita tahu keinginan anak, Yuk, mulai sekarang kita terapkan metode individual system, tetapi juga harus menerapkan small step system dan variation skill agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan karena jika anak senang maka anak belajar tidak akan merasa terpaksa dan terbebani. Pastinya Minat belajar anak akan terus meningkat. (Ern)

Tinggalkan Balasan