Pentingnya Motivasi Orang Tua Bagi Anak

Pentingnya Motivasi Orang Tua Bagi Anak
Sumber: Vision Pic/Pexels.com

Tahukah Ayah Bunda, memberikan motivasi kepada anak merupakan hal penting dalam proses belajar anak? Apa itu motivasi? Motivasi adalah dorongan yang timbul dari dalam diri sendiri maupun dari luar agar bisa mencapai sesuatu. Oleh karena itu, hendaknya orang tua senantiasa memberikan motivasi kepada anak di setiap aktivitasnya.

Kita ketahui bersama, sebagian besar aktivitas anak adalah bermain dan peran orang tua adalah menggunakan kegiatan bermain untuk memberikan pembelajaran kepada anak. Sehingga di biMBA AIUEO, memiliki konsep bermain sambil belajar. Di mana bermain merupakan kegiatan utama dan di dalam permainan tersebut ada unsur pembelajaran. 

Dengan konsep bermain sambil belajar, anak akan senang untuk mengulang kembali kegiatan bermainnya, karena menyenangkan bagi anak. Diawali dengan rasa senang kemudian tumbuh Minat belajar pada anak. Inilah yang disebut proses bimbingan yang sepenuhnya menyenangkan. Namun, selama proses membimbing Minat belajar anak, Ayah Bunda memiliki peran dalam memberikan motivasi.

Motivasi sangat perlu diberikan kepada anak selama proses menumbuhkan Minat belajar. Tentu Ayah Bunda senang ketika melihat anak tertarik untuk mengenal huruf, angka, mewarnai menggunakan pensil atau krayon, bahkan mengenal anggota tubuh atau mengenal nama-nama hewan. Namun sayangnya, masih ada orang tua yang belum memahami pentingnya motivasi kepada anak.

Baca juga

Masih banyak orang tua yang meremehkan motivasi. Padahal sebuah motivasi dapat menjadikan anak lebih bersemangat dan percaya diri dalam melakukan aktivitas apapun, termasuk dalam hal belajar.  Adapun cara memberikan motivasi yang dilakukan oleh motivator biMBA AIUEO dalam proses membimbing Minat belajar anak, yang dapat Ayah Bunda terapkan di rumah, yaitu:

1. Reward/apresiasi 

Memberikan pujian kepada anak, berarti adanya suatu perhatian orang tua yang diberikan kepada anak, sehingga semangat anak akan meningkat ketika sedang melakukan kegiatan bermain sambil belajar. Kalimat pujian yang sering digunakan seperti, “wah kakak rajin,” atau “wah anak Bunda dan Ayah hebat.”

Selain itu, anak sangat senang ketika orang tua atau guru mengajaknya untuk tos, atau memberi tepuk tangan ketika anak mau menyelesaikan kegiatan bermainnya. Apresiasi ini dapat menambah atau meningkatkan motivasi belajar anak.

2. Ekspresi dan gerakan tubuh

Ekspresi dan gerakan tubuh saat memberikan suatu respon positif kepada anak perlu diperhatikan oleh orang tua ataupun guru. Ekspresi yaitu selalu tersenyum kepada anak dan mimik wajah yang selalu ceria ketika mendampingi anak bermain.

Sedangkan gerakan tubuh seperti gerakan kepala dan gerakan tangan. Misal, mengelus kepada anak, memeluk, bahkan mengangkat jempol untuk menandakan yang anak lakukan sudah baik, walaupun sebenarnya belum begitu baik, karena di sini peran orang tua adalah memberi motivasi, sehingga harus lebih fokus pada proses, bukan pada hasil. 

Nah, itu adalah cara memotivasi anak yang dapat Ayah Bunda terapkan, agar anak semakin semangat untuk melakukan kegiatan bermain sambil belajar sehari-hari. Selain itu, ada juga hal-hal yang dapat menurunkan motivasi anak dalam kegiatan bermain sambil belajar, antara lain sebagai berikut ini:

  • Ruangan yang kotor, terlalu bising, berbau tidak sedap, suhu ruangan terlalu dingin/panas, sehingga anak merasa tidak nyaman.
  • Orang tua kurang memberi perhatian dan respon baik kepada anak.
  • Tidak ada pujian untuk anak ketika dirinya melakukan sesuatu yang baik.
  • Orang tua mendampingi anak belajar dengan emosi atau marah, bahkan mengancam akan memberi hukuman jika anak tidak mau belajar.

Bagaimana Ayah Bunda, apakah sudah memahami pentingnya motivasi untuk anak, terutama motivasi dalam proses menumbuhkan Minat belajar anak? Yuk, kita terapkan bersama. Jauhkan perilaku yang dapat menurunkan motivasi anak ya, Ayah Bunda. Karena anak adalah anugerah dari Tuhan YME, maka kita harus menjaga dan membimbingnya dengan penuh cinta dan kasih sayang. (Crn)

Tinggalkan Balasan