Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Membahas pentingnya pendidikan anak usia dini, selalu menjadi hal menarik bagi setiap orang dewasa, terutama bagi orang tua yang sudah memiliki buah hati. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya, bagaimana cara yang tepat memberi pendidikan kepada anak? Lalu institusi pendidikan anak usia dini apa yang tepat untuk anak?

Perlu ayah bunda ketahui, jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal, yang ketiganya saling melengkapi. Sebelum masuk pada jenjang pendidikan dasar, ada baiknya bila kita mengetahui pula pendidikan sebelumnya, yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD).

Seperti yang telah dituangkan dalam UU Sisdiknas No.20/2003 pasal 1 ayat (14), dengan bunyi: “Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.”

Baca juga

Pendidikan anak usia dini sangatlah penting karena penanaman karakter anak sangat tepat dimulai sejak usia dini. Terutama dalam menumbuhkan karakter Minat belajar anak. Menumbuhkan karakter belajar tentu tidak mudah, tetapi di sini ayah bunda mendapatkan informasi yang sangat dibutuhkan setiap orang tua.

Memberi pendidikan yang tepat untuk anak yaitu dengan menumbuhkan karakter Minat belajarnya sejak usai dini. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki karakter Minat belajar. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan Minat belajar? Jawabannya adalah biMBA, yaitu bimbingan Minat Baca dan Belajar Anak.

Sesuai kepanjangannya, biMBA merupakan proses pembimbingan yang berfokus menumbuhkan karakter Minat baca dan belajar anak sejak usia dini. Proses pembimbingan Minat baca dan belajar anak wajib menggunakan metode yang sepenuhnya menyenangkan, atau biasa dikenal dengan fun learning. Jadi ayah bunda tidak boleh memaksa anak untuk belajar atau mengerjakan PR, karena hal ini sangat bertolak belakang dengan biMBA.

Adapun institusi yang fokus dalam membimbing Minat Baca dan Belajar Anak yaitu institusi biMBA-AIUEO. Bersama biMBA, kita bisa memenuhi hak anak yaitu mendapatkan pendidikan sejak usia dini. (Crn/Aps)

 

Tinggalkan Balasan