Peran Motivator biMBA AIUEO Bagi Anak

Peran Motivator biMBA AIUEO Bagi Anak

Hai Ayah Bunda, apakah buah hati Ayah Bunda pernah bermain sambil belajar di biMBA AIUEO? Yuk, kita mengenal siapa yang membimbing Minat baca dan Minat belajar di biMBA AIUEO. Pertama Ayah Bunda harus mengetahui terlebih dahulu, bahwa biMBA AIUEO adalah lembaga pendidikan anak usia dini informal, untuk menerapkan dan mensosialisasikan metode biMBA.

Kata biMBA sendiri merupakan singkatan dari bimbingan Minat baca dan Minat belajar anak, yaitu sebuah proses bimbingan anak agar memiliki karakter Minat Baca dan Minat Belajar. biMBA AIUEO berada di bawah naungan Yayasan Pengembangan Anak Indonesia (YPAI), berdiri tahun 1996, sedangkan biMBA AIUEO sendiri berdiri tahun 1998.

Di setiap unit biMBA AIUEO yang tersebar luas di seluruh Indonesia, memiliki tenaga pendidik yang berperan penting dalam membimbing Minat baca dan Minat belajar anak. Jika selama ini Ayah Bunda mengenalnya dengan sebutan “guru”, di biMBA AIUEO disebut “motivator.” 

Motivator biMBA adalah guru yang memberikan bimbingan pada anak untuk menumbuhkan Minat baca dan Minat belajar agar melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan sesuai dengan visi biMBA AIUEO yaitu membangun generasi pembelajar mandiri sepanjang hayat.

Baca juga

Mengapa disebut motivator? Karena arti kata motivator itu sendiri menurut KBBI, merupakan orang yang menyebabkan timbulnya motivasi pada orang lain untuk melaksanakan sesuatu, dengan kata lain sebagai pendorong atau penggerak. Motivator memiliki tanggung jawab utama yaitu menciptakan fun learning bagi anak dan disiplin dalam menerapkan metode biMBA. Lalu, apa saja peran motivator biMBA AIUEO? Berikut adalah peran motivator biMBA AIUEO:

1. Motivator memberikan motivasi kepada anak

Dalam proses menumbuhkan Minat baca dan Minat belajar pada anak, sangat perlu adanya motivasi dari orang dewasa, baik motivator biMBA AIUEO maupun Ayah Bunda yang berada di rumah. Selain proses bimbingannya wajib menyenangkan (100% fun learning), pemberian motivasi juga sangat penting selama proses bermain sambil belajar berlangsung. Mengapa? Karena dengan adanya motivasi, anak akan semakin semangat dan antusias. Motivasi yang diberikan seorang motivator kepada anak bukan menjanjikan membelikan permainan atau diberikan permen, tetapi dengan cara memberikan reward. Reward yang sederhana tetapi sangat besar dampaknya kepada anak, yaitu berupa tos, pelukan, pujian seperti “wah, kakak rajin ya” atau “wah, kakak keren ya mewarnainya.” Hal sederhana seperti itu mampu memberikan dorongan yang luar biasa kepada anak. Jadi, bagi Ayah Bunda, ayo berikan motivasi kepada anak agar semakin tumbuh Minat baca dan Minat belajarnya.

2. Membimbing anak dalam proses menumbuhkan Minat baca dan Minat belajar

Dalam menumbuhkan Minat baca dan Minat belajar anak, sangat penting bagi motivator untuk memahami dan menggunakan paradigma biMBA. Paradigma biMBA adalah cara pandang seseorang untuk mengetahui cara dalam menumbuhkan Minat baca dan Minat belajar Anak sejak usia dini secara intrinsik. Bagaimana cara menumbuhkan Minat belajar anak? Yaitu melalui proses bimbingan yang sepenuhnya menyenangkan (100% fun learning), jadi tidak ada paksaan untuk menyuruh anak belajar, tetapi dengan membimbing anak dengan penuh cinta dan kasih sayang, agar anak merasa senang dan tumbuh Minat belajarnya. Fun learning ini dapat tercipta dengan dua syarat, yaitu menerapkan metode small step system (bertahap) dan individual system (secara individual). Kedua metode inilah yang motivator terapkan dalam proses membimbing Minat belajar pada anak. Jadi jika Ayah Bunda ingin membimbing Minat belajar anak di rumah, caranya yaitu Ayah Bunda menggunakan paradigma biMBA dan menerapkan metode biMBA.

3. Motivator sebagai fasilitator

Artinya adalah motivator memfasilitasi anak dengan memberikan materi pembelajaran yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan anak masing-masing, serta memahami karakter dan kesukaan setiap anak didiknya. 

Nah, itulah peran motivator biMBA AIUEO. Yuk, Ayah Bunda mengajak buah hatinya untuk bermain sambil belajar di biMBA AIUEO. Buah hati Ayah Bunda akan dibimbing Minat baca dan Minat belajarnya oleh motivator-motivator biMBA AIUEO dengan sepenuh hati. Jadi tidak perlu khawatir, karena buah hati Ayah Bunda berada di tangan yang tepat. (Crn)

Tinggalkan Balasan