Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kebahagiaan Pada Anak

Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kebahagiaan Pada Anak
Sumber: freepic.diller / Freepik

Tidak hanya keinginan untuk melihat anaknya tumbuh sehat, namun orang tua juga sangat ingin melihat anaknya tumbuh bahagia. Apalagi, saat bayi hingga usia dini, di mana anak-anak seusia itu dalam masa pertumbuhan dan sedang lucu-lucunya. Tentu saja, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua melihat buah hati kesayangannya bahagia, bukan?

Nah, itu semua tidak luput dari peran aktif orang tua yang sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan anak. Faktor kebahagiaan anak dapat dilihat dari bagaimana cara orang tua memperlakukannya. Sebab orang tua sangat memegang peran penting dalam hal Ini. Lantas bagaimana caranya orang tua berperan aktif dalam menumbuhkan kebahagiaan pada anak?

1. Tumbuhkan minat belajar anak

Menumbuhkan Minat belajar, tentu berkaitan dengan kebahagiaan. Biasanya orang yang bahagia itu selalu belajar dan memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Dalam hal ini, orang tua harus bisa berperan aktif dalam menumbuhkan Minat belajar pada anak. Jika Minat belajar anak telah tumbuh, tentu saja ia akan memiliki resiko jauh lebih rendah untuk mengalami benci belajar ketika kelak dewasa.

2. Ciptakan suasana menyenangkan

Proses membimbing Minat belajar anak harus dilakukan sejak usia dini, mengapa? Karena di usia dini anak berada pada masa golden age. Jangan bilang karena usia mereka masih anak-anak lantas ia tidak bisa mengerti. Justru pada usia anak-anak mereka mampu menyerap banyak hal dari orang tuanya. Maka dari itu, orang dewasa dapat melakukan dengan proses bimbingan yang sepenuhnya menyenangkan bagi anak. Sehingga anak akan selalu merasa nyaman dan senang dalam melakukan proses belajar.

Baca juga

3. Mencintai tanpa terkecuali

Anak tidak selalu bersikap layaknya malaikat. Jadi, mungkin sebagai orang tua harus lebih mengerti dan memahami karakter anak dan harus penuh kesabaran dalam menghadapinya. Anak bisa saja tidak mau menurut atau benar-benar membangkang. Meskipun terkadang ia tidak melakukan sesuai apa yang kita inginkan, sebagai orang tua kita harus bisa memberikan cinta kepada anak tanpa terkecuali. Sebab, ketika anak tahu ia dicintai, anak akan tumbuh Bahagia.

 4. Beri apresiasi

Anak usia dini sudah mengerti untuk memahami konsep apresiasi. Anak akan merasa senang dan bahagia jika ia mendapatkan apresiasi ketika melakukan suatu hal. Sebagai orang yang paling dekat dengan anak, orang tua harus bisa selalu mendukung anaknya jika ia melakukan sesuatu dan jangan lupa memberikan sebuah apresiasi kepadanya. Dari situ lah nanti akan timbul rasa bahagia dalam diri anak dan mereka terpacu untuk melakukan hal-hal baik lainnya. (AJR)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.