Rendahnya Minat Baca di Indonesia

Rendahnya Minat Baca di Indonesia
Sumber: freepik/Jannoon028

Ayah Bunda, ada yang tahu definisi membaca itu apa? Menurut KBBI, membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, baik dengan melisankan atau hanya dalam hati. Dari pengertian tersebut, membaca bukan saja melafalkan kata atau kalimat, tetapi harus memahami isi dari setiap yang kita baca.

Apakah membaca itu penting? Membaca memang sangat penting bagi semua orang. Seperti kutipan dari François-Marie Arouet yang lebih dikenal dengan nama penanya Voltaire, “Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir, semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun.”

Kutipan di atas mengajarkan kita bahwa banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan dengan membaca. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin besar pula keingintahuan dan rasa penasaran kita. Sehingga semakin banyak membaca maka semakin sadar bahwa pengetahuan kita masih sangat sedikit.

Baca juga

Namun, bagaimana pendapat Ayah Bunda, jika Indonesia termasuk negara yang memiliki minat baca yang rendah? Kenyataannya, dalam laporan studi Central Connecticut State University tahun 2016, negara Indonesia mendapat urutan ke-60 dari 61 negara dalam hal Minat baca.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tentu Negara Indonesia sangat membutuhkan solusi. Solusi apa yang tepat untuk negara yang memiliki Minat baca yang rendah? Yaitu perlunya menumbuhkan karakter Minat baca dan belajar untuk generasi penerus bangsa Indonesia.

Rendahnya Minat baca di Indonesia ini merupakan salah satu latar belakang berdirinya institusi biMBA-AIUEO. Institusi biMBA-AIUEO adalah pendidikan informal yang berfokus menumbuhkan karakter Minat baca dan belajar anak usia dini. Jadi, biMBA-AIUEO menawarkan solusi kepada masyarakat Indonesia dalam hal Minat baca dan belajar anak usia dini.

Dengan menerapkan metode yang wajib 100% menyenangkan (fun learning), maka karakter Minat baca dan belajar anak dapat tumbuh secara intrinsik. Nah, bagi ayah bunda yang ingin anaknya memiliki karakter Minat baca dan belajar sejak usia dini, ayah bunda bisa langsung mengunjungi biMBA-AIUEO terdekat. (CRN)

Tinggalkan Balasan