Saat Anak Kecanduan Game, Bagaimana Solusinya?

Saat Anak Kecanduan Game, Bagaimana Solusinya?

Ayah bunda yang berbahagia, pada era digital saat ini, semua orang sedang menikmati kemajuan teknologi yang luar biasa, termasuk kita dan anak-anak kita tentunya. Sebagai orang tua kita harus bijak menyikapi hal ini, di saat anak kecanduan game dan senang bermain di ponselnya maka tugas kita adalah memantau dan mengarahkan agar anak bermain game yang bermanfaat.

Saat ini banyak game edukasi yang bisa mendidik anak-anak kita, kita harus mencermati apakah benar anak tidak mau belajar karena kesenangannya bermain game atau karena hal lainnya? Ayah bunda, anak yang menghindari belajar bisa jadi bukan hanya karena game, TV, film, atau internet. Kebanyakan anak menghindari belajar karena proses belajar yang tidak menyenangkan, membosankan, memiliki banyak aturan, monoton, gurunya galak, dan lain sebagainya.

Baca juga

Belajar yang Menyenangkan

Keadaan ini bukan hanya dirasakan oleh anak-anak kita, tetapi juga diri kita sendiri merasakan hal yang sama saat sekolah dulu. Saat di sekolah dulu teknologi belum semaju sekarang, tetapi nyatanya kita juga menghindari belajar, kita lebih senang libur daripada sekolah, lebih senang jika guru tidak masuk atau tidak jadi ulangan, mengapa demikian? Nah, jika Ayah bunda sudah mengetahui jawabannya, begitu pula yang terjadi dengan anak. Anak menghindari belajar bukan karena game, internet, atau TV, melainkan karena proses belajar yang dialami anak tidak semenyenangkan saat bermain game.

Ayah dan bunda yang berbahagia, jika kita ingin anak senang belajar, maka buatlah kegiatan belajar yang menyenangkan untuk anak, tidak banyak aturan, tidak ada makian, bentakan, atau kata-kata negatif seperti “Kakak males banget nih gak mau nulis,” dan sebagainya.

Investasikan waktu kita bersama anak dengan ngobrol bersama mereka, bacakan cerita, bernyanyi bersama, atau melakukan kegiatan belajar bersama. Jangan hanya menyuruh anak belajar, tetapi kita juga harus mendampingi mereka belajar dengan proses yang menyenangkan. Salam biMBA, tetap semangat dan terus belajar. (LPH/Ern)

#anak_kecanduan_game

Tinggalkan Balasan