Semangat Belajar Generasi Pembelajar

Semangat Belajar Generasi Pembelajar

Tahukah Sahabat, generasi pembelajar menjadi sorotan karena di tangan seorang pembelajar inilah akan membawa perubahan dan kemajuan dunia. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia akan terus dihadapkan pada tantangan yang juga besar. Persaingan sumber daya akan semakin tinggi. Bila kita memiliki semangat sebagai seorang pembelajar, maka kita takkan terpuruk.

Baca: Anak adalah Seorang Pembelajar Mandiri

Ki Hajar Dewantara, pernah berkata, “Kemerdekaan tidak akan terwujud tanpa ilmu”. Ilmu adalah jalan terang untuk menjawab berbagai pertanyaan yang hadir sepanjang perjalanan hidup manusia. Bagi para generasi pembelajar, ilmu seolah menjadi nafas, yang dibutuhkan setiap saat, sepanjang hayat.

Orang yang sukses dan terkenal tidak terjadi secara tiba-tiba dan instan. Misalnya saja seorang presiden, menteri, duta besar, pengusaha dan lain-lain, mereka telah melalui lika-liku perjuangan dan pasang surut dalam menuntut ilmu. Bekal utama mereka dalam meniti karirnya adalah ilmu, ilmu bisa didapatkan bila kita mau terus belajar dan inilah yang disebut dengan seorang pembelajar.

Ayo kita recharge semangat baru sebagai generasi pembelajar. Siapkan diri menjadi pembelajar yang produktif, optimis, memiliki daya juang yang tinggi, tidak pantang menyerah. Namun, tetap menjadi seorang yang peduli dan mencintai sesama, rela menolong, menjaga sopan santun dan budi pekerti.

Baca: Memotivasi Anak Agar Tetap Semangat Selama Pembelajaran

Kita juga harus berani keluar dari zona kenyamanan. Ingat lho, zona ini bisa membuat kita lengah, karena selalu menghadirkan ketenangan maka tak siap bila menghadapi guncangan. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang diperoleh saat ini sehingga tidak mau meng-upgrade kemampuannya. Cobalah berani keluar dari rutinitas, menghidupkan kembali kreatifitas dan merayakan imajinasi yang tak terbatas. Yuk, siapkan diri menjadi generasi pembelajar dan tetap semangat! (Ranis/Ern)

Sumber foto: http://belukab.go.id

 

Tinggalkan Balasan