Si Kecil Sejuta Wajah dengan Minat Belajar Tinggi

Si Kecil Sejuta Wajah dengan Minat Belajar Tinggi

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak yang memerlukan perhatian dan kasih sayang yang lebih spesifik di lingkungan maupun sekolah. Pertumbuhan dan karakteristik mereka berbeda dengan anak lainnya. Azalia Oktaviania atau akrab disapa Vani, anak perempuan berusia lima tahun lima bulan adalah salah satunya. Si kecil dengan sejuta keistimewaan, sejuta kehebatan ini dianugerahkan Tuhan kepada mama Yayuk. Iya, ia terlahir dengan keadaan down syndrom atau sering kali disebut dengan anak sejuta wajah. Namun dengan segala keterbatasannya Vani mempunyai Minat belajar yang tinggi.

Baca: Setelah Masuk biMBA, Belajar Tak Lagi Dipaksa

Pertama masuk biMBA ia sangat tidak kondusif bahkan tindakannya seringkali mengganggu teman-temannya. Ia belum bisa duduk dengan baik, sering melempar mainan atau pensil, dan menjambak rambut teman-temannya. Fisiknya sangat kuat, bahkan ia tidak merasa kesakitan ketika badannya terbentur dinding. Ia tidak mau berjalan, namun larinya sangat kencang. Bahkan sering kali ia mengigit tangan motivator ketika diberikan modul. Awalnya motivator sempat merasa kewalahan ketika mengajar Vani, namun sedikit demi sedikit motivatornya mulai memahami Vani.

Setelah belajar 2 tahun di biMBA Buduran, banyak sekali perubahan pada diri Vani. Saat ini Vani mulai bisa duduk tenang dan bersosialisasi dengan beberapa teman di biMBA. Apalagi dengan seorang anak yang bernama Sandi. Vani sangat akrab serta seringkali bermain menyusun lego dan berlarian dengan Sandi. Setiap Sandi keluar kelas, Vani selalu memanggil untuk mengajaknya masuk ke dalam kelas. Kini Vani pun sudah bisa diajak komunikasi dua arah (dengan bahasa Vani). Dulu Vani belum mengeluarkan suara namun kini ia sudah bisa verbal huruf A dan U, meski suaranya tidak begitu jelas. Ia juga bisa berhitung angka satu, dua dan tiga dengan menggunakan jarinya.

Baca: biMBA-AIUEO Fokus Tumbuhkan Minat Belajar Anak

Modul pun sudah tidak dirobek lagi oleh Vani. Bahkan kini ia sudah bisa mengerjakan modul tulis 1B dengan baik.  Vani sangat menyukai kegiatan menempel. Tingkahnya sangat menggemaskan dengan tertawanya yang khas.

Vani yang istimewa sangat mengerti jadwalnya belajar di biMBA. Ia sering kali menangis jika waktunya berangkat ke biMBA belum diantar oleh mamanya. Itulah sepenggal cerita tentang Vani, si kecil sejuta wajah dengan Minat belajar tinggi.  Semoga menginspirasi! (biMBA Buduran/Nik)

Mengerjakan modul tulis
Mengerjakan modul tulis
Kegiatan menempel
Kegiatan menempel
Vani senang belajar di biMBA
Vani senang belajar di biMBA

Tinggalkan Balasan