Sulit Meningkatkan Minat Baca Anak? Ada Tips Mudah Lho!

Sulit Meningkatkan Minat Baca Anak? Ada Tips Mudah Lho!

Meningkatkan Minat baca anak tentunya sebuah ‘PR’ besar bagi Anda selaku orangtua yang ingin anaknya pintar, cerdas, dan berwawasan tinggi. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa setiap anak memiliki karakter dan kemampuan masing-masing sesuai dengan apa yang pada dasarnya mereka sukai.

Beberapa tips di bawah ini, akan membahas mengenai cara mudah meningkatkan Minat baca sang buah hati agar mereka menjadi semakin penasaran dan menyukai kegiatan membaca.

Orangtua harus memahami kesukaan anak

Dikutip dari sebuah penelitian seorang ahli dokter psikologi anak, bahwa sel DNA yang dimiliki seorang anak cenderung sama dari apa yang telah dipelajari selama hidup orangtuanya. Oleh karena itu, jika Anda mengetahui bahwa DNA merupakan program yang memang sudah ada dari hasil program diri Anda sendiri yang ditularkan kepada anak.

Dalam meningkatkan Minat baca anak, orangtua setidaknya harus memahami kesukaan anak tersebut apa dan bagaimana. Jika disambungkan dengan pemahaman DNA tersebut, pada dasarnya Anda tidak perlu bingung apa yang disukai anak karena apa yang Anda sukai pastilah anak akan suka. Cukup mudah bukan?

Orangtua harus memberi materi yang sesuai dengan anak

Setelah memahami kesukaan anak, barulah Anda mencari sebuah buku yang patut dibaca oleh anak yang bertujuan untuk pengembangan kreatifitas sang buah hati. Caranya sangat mudah, asalkan Anda tidak malas, yaitu kenalilah materi yang ingin diberikan untuk anak secara garis besarnya.

Jika Anda ingin anak berkembang lebih baik, maka sebaiknya pemahaman Anda mengenai materi tersebut harus lebih dalam, agar mampu membawa sebuah “rasa penasaran” sang anak. Menurut ahli psikologi anak di Eropa, perasaan keingintahuan anak lebih besar ketimbang orangtua yang sudah memiliki kesibukan dan target hidup, mereka memiliki penasaran yang luar biasa dan mampu berkembang melebihi orangtuanya sendiri.

Orangtua harus ikut berimajinatif

Setelah pemahaman materi, langkah selanjutnya adalah ajak anak untuk mendengarkan kisaran cerita Anda, selaku orangtua, mengenai materi yang ingin Anda sampaikan kepada anak. Buat sebuah imajinasi yang baik dan masuklah kepada kehidupan anak dengan kemampuan otak yang masih bersih dan luas, serta rasa penasaran yang tinggi, sehingga Anda akan mudah untuk menjelaskan sebuah materi yang akan Anda sampaikan.

Tidak sampai disitu saja, ketika Anda menceritakan sebuah materi yang membuat anak semakin penasaran. Hal ini sangatlah unik, tetapi cara di atas tersebut hampir semua yang melakukannya mendapatkan keberhasilan. Asalkan kuncinya adalah Anda tidak boleh malas untuk mengajak anak memahami dan mendengarkan cerita yang akan disampaikan.

Pada dasarnya seorang anak tidak pernah memiliki sifat malas, kecuali sifat malas tersebut timbul dikarenakan rekaman kedua orangtuanya yang bermalas-malasan. Perlu Anda ketahui, bahwa anak memiliki rekaman yang luar biasa peka dan dalam, seperti tidak mengetahui, tetapi secara alam bawah sadarnya, mereka sangat mudah merekam segala kegiatan orangtuanya.

Itulah beberapa tips sederhana yang sangat mudah untuk Anda kerjakan dan lakukan untuk sang buah hati tercinta agar mampu meningkatkan Minat baca anak terhadap apa yang Anda tujukan. Semoga dengan uraian di atas dapat membantu menambah wawasan serta referensi Anda dalam mencari cara agar anak senang dalam membaca. (CW/Ern)

Tinggalkan Balasan