Metode biMBA

Metode yang digunakan biMBA-AIUEO

Baca juga:

FUN LEARNING

 

mr-smileFun learning adalah suatu proses belajar yang 100% menyenangkan bagi anak. Lho kok hanya anak saja, bagaimana dengan ibu gurunya??? Guru adalah orang dewasa yang harus bertanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak-anak di kelas. Caranya ??? ibu guru diwajibkan untuk menerapkan 5S ( sambut, senyum, sapa, salam, sebut nama ) selama berada di lingkungan biMBA-AIUEO.

Mengapa pembelajaran di kelas harus  fun learning? Karena tujuan biMBA adalah menumbuhkan MINAT Baca dan belajar Anak. Untuk membuat anak senang dan menyukai kegiatan baca dan belajar tidak ada metode lain selain fun learning. Mengapa demikian? Karena dunia anak adalah dunia bermain, kegiatan belajar untuk anak usia dini harus bersifat kegiatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, metode pengajarannya pun tidak membebani anak

Mengajarkan membaca pada usia dini memang masih menimbulkan perdebatan, apakah sehat mengajarkan membaca pada anak usia dini ? sebenarnya hal itu tergantung dari mana melihatnya. Jika anak diharapkan memiliki kemampuan membaca dengan cara pemaksaan, maka hal itu tidak sehat. Pemaksaan terhadap anak akan berdampak negatif. Dampak yang paling buruk adalah menurunkan IQ anak pada usia produktif. Oleh karena itu para guru dan orangtua yang membimbing anak usia dini seharusnya menjauhkan cara mengajar yang bersifat pemaksaan.

Metode pengajaran biMBA-AIUEO HARUS 100% MENYENANGKAN, jika tidak menyenangkan berarti BUKAN biMBA.

 

SMALL STEP SYSTEM

smallSmall step system adalah proses belajar yang dilakukan secara bertahap, dimulai dari yang mudah. Untuk membuat anak senang dan suka belajar, pemberian materi  harus dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anak. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anak memahami materi belajar, sehingga tidak membuat anak merasa terbebani dan stres.

biMBA-AIUEO telah menyusun kurikulum secara bertahap, menggunakan modul yang berisi potongan tema kecil yang berkesinambungan. Setiap tahap mempunyai tujuan masing-masing dan tujuan itu harus terpenuhi sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yang lebih tinggi.

Konsep biMBA-AIUEO adalah bermain sambil belajar.  Materi belajar diberikan dalam suasana bermain seperti mengenalkan huruf, angka dan kata dengan cara berdialog menggunakan bahasa biMBA dan menggunakan sarana lagu sebagai pengantar.  Perlu diketahui bahwa anak usia dini belajar membaca melalui telinga. Lagu-lagu diperdengarkan sebagai pengenalan awal bagi anak sebelum anak mengenal simbol huruf atau angka.

 

INDIVIDUAL SYSTEM

Individual SystemUntuk dapat menerapkan small step system tidak dapat dilakukan secara klasikal harus individual. Individual system adalah proses belajar yang berpusat pada anak sebagai subjek belajar, sedangkan guru berperan sebagai motivator dan fasilitator. Maksudnya??? Anak sebagai subjek belajar berarti kebutuhan dan hak anak benar-benar diperhatikan. Kebutuhan anak adalah bermain sedangkan belajar adalah HAK anak bukan KEWAJIBAN. Materi belajar diberikan dalam suasana menyenangkan yaitu dengan bermain.

Bermain di biMBA bukan bermain ayunan, perosotan ataupun jungkat-jungkit, tetapi  kegiatan apapun yang membuat anak senang itulah bermain. Suatu kegiatan disebut bermain apabila dalam melakukan kegiatan tersebut anak merasa senang, tidak merasa terpaksa ataupun terbebani.

Guru sebagai motivator artinya guru selalu memberikan semangat kepada anak melalui pemberian reward berupa penghargaan ataupun kata-kata positif. Guru sebagai fasilitator artinya guru memfasilitasi memberikan materi belajar sesuai kemampuan dan kemauan anak.

Apa perbedaan klasikal system dengan individual system???  Jika klasikal system semua anak pada saat yang sama mendapatkan materi yang sama. Jika individual system pada saat yang sama setiap anak mendapatkan materi yang berbeda sesuai kemampuan dan kemauan anak.

 

VARIATION SKILL

Variation skill adalah kemampuan guru dalam memvariasikan kegiatan belajar di dalam kelas. Kegiatan di kelas harus memenuhi 3 aspek yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mengapa harus divariasikan? karena kecenderungan anak-anak adalah cepat bosan dan jenuh. Anak-anak tidak bisa dipaksa untuk berkonsentrasi dan duduk manis berlama-lama. Untuk itu kegiatan yang dilakukan anak harus divariasikan agar mereka tidak jenuh.

 

Program Belajar  biMBA-AIUEO

Proses pembelajaran dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dan perkembangan anak dengan menggunakan program yang telah kami susun. Program-program  tersebut diterapkan dengan menggunakan modul-modul khusus dan sistem pengajaran berdasar multiple intelligentsia.

 Tahap 1

  • Mulai dari dibacakan cerita , permainan kata-kata sangat sederhana, mengenal huruf a ~ z sampai membaca kata-kata sederhana.
  • Mulai dari menyebut satu, dua dan tiga sampai membilang 1 sampai 10

Tahap 2

  • Mulai dengan membaca kalimat sederhana sampai dengan membaca dan mengerti cerita sederhana.
  • Mulai dari menjumlahkan 1+1 sampai dengan menjumlah 10+10

Tahap 3

  •  Anak mampu menulis kata-kata sederhana melalui dikte yang diberikan.
  • Mulai dari pengurangan 2-1 sampai dengan 20-1

 Tahap 4

  •  Anak mampu menulis kalimat sederhana sampai membuat karangan pendek.
  • Logika matematika yaitu dengan menggunakan angka-angka anak diperkuat kemampuan analisa dan sintesanya.

77 Komentar

    1. Ibu Witrawati,

      Pendaftaran biMBA bisa sewaktu-waktu. Untuk lebih detilnya, ibu bisa menghubungi unit biMBA terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan.
      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

    1. Ibu Sherley,

      Cara mengetahui level anak :
      1. Motivator/guru memberikan report setiap selesai evaluasi atau mendapat modul baru
      2. Motivator/guru memberikan report tentang kegiatan bermain modul di dalam kelas
      Demikian yang dapat kami sampaikan.
      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

  1. Saya memiliki anak usia 5tahun selama di bimba anak saya senang…
    Senang ketika gurunya memberikan reward
    Boleh kah saya tahu bu.
    Anak diberikan reward itu setiap berapa menit sekali??? …
    Apa setiap dia berhasil melakukan kegiatan???

    1. Ibu Sis,

      Anak diberikan reward setiap 5 menit sekali meski dia berhasil atau tidak dalam melakukan kegiatan. Tujuan pemberian reward adalah agar anak termotivasi, senang dan percaya diri.
      Demikian yang dapat kami sampaikan.
      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

    1. Ibu Mega Alwi,

      Standartnya pertemuan biMBA adalah seminggu 3x dengan waktu belajar di kelas selama 1 jam.
      Untuk informasi lebih detil, ibu bisa menghubungi unit biMBA terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan.
      Semoga bermanfaat.
      Terima kasih

    1. Ibu Aruni,

      biMBA di daerah Kosambi Timur Tangerang yaitu :
      biMBA Kosambi Timur 2175 K
      Jl. Perancis. Gg. SMP Tunas Bangsa. Kp. Kemplang. Kel. Kosambi Timur. Kec. Kosambi. Kab. Tangerang. BANTEN 15213
      Demikian yang dapat kami sampaikan.
      Semoga bermanfaat
      Terima kasih

    1. Ibu Bunda Disty,

      biMBA mempunyai 4 level. Masing-masing level membutuhkan waktu 6 bulan. Jadi untuk menyelesaikan 4 level dan membentuk karakter minat baca dan belajar dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

    1. Ibu Bunda Disty,

      Semua tergantung kemampuan masing-masing anak. Ada anak yang bisa dalam waktu 1 tahun dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama. Yang terpenting adalah terbentuknya karakter minat baca dan belajar dalam diri anak.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

    1. Ibu Ick,

      Metode yang digunakan di biMBA-AIUEO yaitu :
      1. Fun Learning
      Proses belajarnya 100 % menyenangkan, karena dunia anak adalah dunia bermain, maka kegiatan belajar untuk anak usia dini harus bersifat kegiatan yang menyenangkan dan tidak memaksa, metode pengajarannya pun tidak membebani anak.
      2. Small Step System
      Proses belajar yang dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan anak.
      3. Individual System
      Proses belajar yang berpusat pada anak sebagai subjek belajar, sedangkan guru berperan sebagai motivator dan fasilitator.

      Jadi secara keseluruhan konsep belajar di biMBA-AIUEO adalah bermain sambil belajar.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

  2. 1. Apakah sertifikat dikeluarkan bimba setara dg sertifikat yg dikeluarkan sekolah TK pd umumnya yg dpt dijadikan sbg syarat utk masuk SD?

    2. Berapakah biaya/administrasi selama pembelajaran, mulai dari awal masuk s.d selesai level?

    1. Bapak Hardy,

      Pada dasarnya aturan masuk SD tidak lagi membutuhkan sertifikat atau ijazah TK, PAUD, dan sederajat lainnya. Anak-anak biMBA yang sudah menyelesaikan Level 4 mendapatkan ijazah. Legalitas Ijazah PAUD AIUEO terdaftar di Suku Dinas Pendidikan Menengah Jakarta Barat, serta dapat digunakan untuk masuk SD jika sudah memenuhi persyaratan usia.

      Mengenai biaya/administrasi selama pembelajaran, bapak bisa menghubungi unit biMBA terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

  3. Anak saya bln februari umur 6thn tp masih blm bisa membaca nya smpe skrg tk b… Apa msh bisa kah masuk bimba umur 6thn?? Karna rencana saya akan masukkan anak saya ke bimba

    1. Ibu Rini Marlina,

      biMBA untuk anak usia 3-6 tahun. Jadi ananda masih bisa bermain dan belajar di biMBA. Ada baiknya ibu menghubungi unit biMBA terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

    1. Ibu Hilma Siti Sarah,

      biMBA bukanlah tempat terapi, meski begitu anak didik biMBA sangat beragam latar belakang dan kondisinya. Mengenai kemungkinan bergabung dan belajar di biMBA, ibu dapat berkonsultasi dengan unit biMBA yang terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

    1. Ibu Khuri

      Anak didik biMBA sangat beragam latar belakang dan kondisinya. Setiap anak mengikuti pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya masing-masing. Fokus biMBA adalah proses, bukan hasil. Mengenai kemungkinan bergabung dan belajar di biMBA, ibu dapat berkonsultasi dengan unit biMBA yang terdekat.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

  4. Oh begitu, anak sy gabung di bimba dari Januari 2017 dan sekarang sdh level 3,tetapi ujiannya hanya 1x dari level 1 ke level 2,ketika sy menanyakan ke gurunya level 2 ke 3 nya blm ujian dikarenakan pemantapan dulu, dan blm ada satu pun sertifikat yg diberikan, mohon infonya sy harus bagaimana, apakah itu sesuai prosedur bimba / tidak, terima kasih

    1. Bunda Rio,

      Bahasa Inggris bukan termasuk materi pembelajaran di biMBA. biMBA punya program pembelajaran berbasis bahasa Inggris yaitu English biMBA. Namun tidak semua unit mempunyai program English biMBA. Informasi mengenai unit English biMBA dapat diketahui di link berikut ini :
      http://english.bimba-aiueo.com/cabang-english-bimba/

      Setiap kenaikan level di biMBA maupun English biMBA akan diberikan sertifikat. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

  5. Klo bimba itu kelasnya berdasarkan umur kah atau dicampur, trus yg kelas khusus 1 guru 2 murid bagaimana systemnya, apakah disatukan juga ruanganya,yg terakhir seperti baju dan Tas itu langsung dapat gratis setelah kita daftar atau beli kembali, thanks.

    1. Bapak Randy Rajasa,

      Usia anak biMBA random, berkisar antara 3-6 tahun. Mengenai sistem dan keperluan seragam serta tas, bapak bisa menghubungi unit biMBA terdekat dengan lokasi kediaman.
      Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Tinggalkan Balasan