Tingkatkan Daya Fokus dan Konsentrasi Anak Lewat Literasi

Tingkatkan Daya Fokus dan Konsentrasi Anak Lewat Literasi

Saat ini pendidikan literasi gencar dilakukan oleh para praktisi pendidikan untuk mencetak individu yang tidak hanya cerdas dalam bidang akademik, namun juga memiliki pola pikir kritis dan logis. Praktiknya tentu saja tidak harus terpaku pada pembelajaran di sekolah. Orang tua di rumah pun perlu turut andil dalam menanamkan pendidikan literasi pada anak-anak mereka mulai dari usia prasekolah.

Apa itu literasi? Dilansir dari dosenpendidikan.com, literasi menurut Elizabeth Sulzby adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak, dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Baca juga

Khusus untuk anak usia dini atau prasekolah, pendidikan literasi penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat meningkatkan daya fokus dan konsentrasi pada anak. Tidak dipungkiri bahwa seorang anak hanya fokus pada dunianya sendiri, salah satunya ketika sedang melakukan proses belajar. Akan tetapi, beberapa anak mungkin tidak bisa fokus dan sering terganggu.

Kebanyakan orang tua akan gelisah setelah mengetahui anaknya sulit fokus, namun Ayah Bunda tidak perlu khawatir karena tidak sedikit orang tua yang merasakan hal sama ketika anaknya masih dibawah usia 10 tahun. Jika Ayah Bunda mengalami hal tersebut, Ayah Bunda dapat mengajak anak untuk melakukan kegiatan literasi.

Melalui literasi, daya fokus dan konsentrasi anak dapat meningkat. Selain itu, literasi juga dapat menambah perbendaharaan kata/kosakata seseorang, dapat mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis; mendapat berbagai wawasan dan informasi baru, dapat meningkatkan kemampuan interpersonal, dapat meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang, serta dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

Yuk, Ayah Bunda mari ciptakan kegiatan literasi yang menyenangkan di rumah. (Aps)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.