Tips Beri Apresiasi pada Anak

Beri Apresiasi pada Anak
Sumber: Freepik.com/gpointstudio

Mengapresiasi anak merupakan salah satu bentuk menghargai anak-anak. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak, dapat menjadi salah satu motivasi agar anak mau melakukan kebaikan. 

Apresiasi yang bisa kita berikan kepada anak yaitu bisa berupa mimik wajah (pandangan mata, gerak bibir, dll), gestur tubuh (mengusap kepala, memegang tangan, memeluk), ataupun verbal (perkataan pujian) yang dapat meningkatkan Minat belajar anak.

Sudahkah Ayah Bunda memberi apresiasi kepada anak tersayang? Jika belum, yuk biasakan mulai sekarang karena manfaatnya luar biasa dan ini juga merupakan bentuk penghargaan yang bisa kita berikan kepada anak tercinta kita.

Baca juga

Dalam memberikan apresiasi juga tidak sembarangan ya Ayah Bunda, namun ada hal-hal yang perlu kita ketahui dalam memberikan apresiasi kepada anak agar tidak berlebihan dan berdampak baik terhadap anak kita.

Ayah Bunda pastinya ingin tahu apa saja hal-hal tersebut. Mari kita simak penjelasan berikut ini.

1. Proporsional

Maksudnya adalah tidak berlebihan dan mengabaikan anak. Jika terlalu sering memberikan apresiasi, maka akan menghilangkan efektivitasnya. Namun, jika kita mengabaikan anak tanpa memberi apresiasi pun tidak baik untuk dilakukan.

2. Sesuaikan dengan jenis perbuatan anak

Mengapresiasi anak bukan karena kecerdasan atau kepintaran, melainkan karena perbuatan mereka. Contohnya yaitu “Rajin sekali anak Ayah dan Bunda, selalu semangat belajarnya”

3. Lebih fokus pada usaha bukan hasil

Sebagai orang tua kita harus mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh anak, meskipun terkadang hasilnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya ketika anak belajar untuk bisa makan sendiri “ Wahhh anak Ayah dan Bunda sudah besar ya, bukan dede bayi lagi, sudah bisa makan sendiri, jangan lupa dibersihkan sisa makanan yang jatuh ke baju biar makin membuat Ayah Bunda sayang.”

4. Variatif dalam memberikan apresiasi

Sesuaikan dengan kondisi. Sebagai orang tua kita pun harus selalu belajar untuk dapat mengasah kreatifitas kita dalam mengapresiasi anak. Bisa kita variasikan dengan cara memberikan pujian yang membangun semangat anak, dengan sentuhan fisik, ataupun kata pujian yang dapat membangun Minat belajar anak, seperti anak baik atau anak rajin.

5. Ikatkan hati anak dengan balasan dari Tuhan Yang Maha Pencipta

Orang tua dapat memberikan apresiasi saat mereka melakukan kebaikan, tapi kita juga ikatkan dengan adanya balasan dari Tuhan yang jauh lebih baik ketika anak melakukan suatu kebaikan. Hal ini yang tak kalah penting untuk diberitahukan kepada anak, agar anak mengenal kepada Tuhan yang menciptakannya. (Hana)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.