Tips Membimbakan Anak

Tips Membimbakan Anak

Sudah kita ketahui bersama ya Ayah Bunda, bahwa membimbakan anak ini sangat penting untuk kita lakukan. Dengan membimbakan, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang berkarakter Minat baca dan Minat belajar.

Mengenai manfaat serta dampak dari dilakukan atau tidaknya proses membimbakan juga sudah dijelaskan di artikel yang sebelumnya. Bagi Ayah Bunda yang belum mengetahuinya, silakan bisa membacanya terlebih dahulu agar semakin yakin untuk membimbakan anak-anak.

Saat ini sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan masih menerapkan cara mengajarkan bukan dengan membimbakan. Padahal, mendidik dengan cara mengajarkan bukanlah cara yang tepat yang bisa dilakukan, karena ketika prosesnya mengajarkan maka kurang bisa dinikmati dan berpotensi memaksakan, sehingga dampak terbesarnya anak menjadi benci belajar.

Selain itu, dengan cara mengajarkan pasti akan lebih berfokus pada kemampuan atau hasil belajarnya. Padahal, dalam filsafat ilmu pendidikan memiliki 2 tujuan dan tujuan pertama yang harus dicapai terlebih dahulu yaitu tujuan utamanya. 

Baca juga

Tujuan utama dalam pendidikan adalah kebahagiaan, sedangkan tujuan khususnya yaitu kemampuan. Ini artinya yang lebih utama bukan terletak pada hasilnya melainkan pada proses yang dijalaninya. Sejatinya hasil hanyalah dampak dari proses yang telah dilewati.

Jadi, sudah bisa kita pahami bersama ya Ayah Bunda antara mengajarkan dengan membimbakan itu berbeda. Ketika membimbakan kita lebih berfokus pada prosesnya dan proses tersebut harus sepenuhnya menyenangkan agar pendidik, peserta didik, hingga orang tua bisa merasakan bahagia. Bangsa dan negara kita pun bisa ikut merasakan bahagia, ketika para generasinya tumbuh menjadi pembelajar.

Ayah Bunda, mari bersama kita pahami bagaimana tips membimbakan anak-anak kita. Tips membimbakannya yaitu sebagai orang dewasa kita harus membimbing Minat belajar anak. 

Dalam membimbing Minat belajar anak, maka prosesnya harus sepenuhnya menyenangkan. Hal yang menyenangkan untuk anak-anak usia dini kebanyakan adalah bermain, jadi kita bisa menggunakan sistem bermain sambil belajar. Kemudian, agar bisa menyenangkan prosesnya juga harus bertahap sesuai kemampuan dan kemauan anak. Dan agar bisa bertahap maka prosesnya pun harus dilakukan dengan cara pendekatan individu. 

Maka dari itu, kita sebagai orang dewasa yang harus selalu berusaha untuk terus belajar, selalu mengerti, dan bisa memahami tentang kondisi dan karakter anak-anak kita.

Proses membimbakan anak bisa dilakukan sejak usia dini, Karena ketika sejak dini sudah ditanamkan hal-hal yang baik, maka nanti ketika sudah tumbuh dewasa anak akan menjadi pribadi yang bahagia dan dapat memberikan manfaat kepada banyak orang. Selamat membimbakan dan semangat meraih kebahagiaan Ayah Bunda. (Hana)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.