Tips Mengenalkan Musik pada Anak

Mengenalkan Musik pada Anak
Sumber: Freepik

Musik adalah bahasa universal yang dapat mempengaruhi perkembangan anak secara positif. Sejak lahir anak tentu pernah mendengar musik atau sejenisnya. Entah itu melalui lagu di radio, memainkan mainan alat musik, pergi ke konser atau pertunjukan musik, menonton iklan di televisi, atau bahkan mendengarkan mama menyanyikan lagu pengantar tidur.

Mengenalkan musik pada anak sejak dini memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

Mendorong perkembangan otak

Secara umum, belajar musik dapat mempercepat perkembangan otak anak-anak. Penelitian oleh University of Southern California dan National Association of Music Merchants Foundation membuktikan bahwa mempelajari instrumen dapat meningkatkan keterampilan bahasa, keterampilan membaca, dan keterampilan matematika. Secara umum, bermain musik dapat membantu meningkatkan keterampilan dan potensi anak.

Mempersiapkan anak untuk sekolah

Mempelajari musik juga merupakan kunci kesiapan anak untuk sekolah, meliputi persiapan kecerdasan, emosi sosial, keterampilan motorik, dan kemampuan membaca secara keseluruhan. Musik dapat membantu memperkuat keterampilan memori anak. Itu berarti mendengarkan irama dan nada lagu dapat membantu membangun kemampuan konsentrasi terbaik anak-anak, termasuk mengembangkan memori jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut tips untuk membantu orang tua mengenalkan musik pada anak dengan menyenangkan. Yuk simak tipsnya!

1. Perkenalkan anak pada musik sejak dalam kandungan

Saat usia kehamilan memasuki usia 18 minggu, Bunda bisa mendengarkan musik yang disuka untuk menenangkan sekaligus membantu meningkatkan suasana hati selama kehamilan.

2. Ajak Anak untuk menyanyi

Salah satu cara paling sederhana untuk mengenalkan musik pada anak adalah dengan mengajak anak bernyanyi atau memutar lagu anak-anak untuk membuat mereka bersemangat dengan musik. Lagu anak memiliki ritme dan sajak yang akan membuat anak bertepuk tangan dan bernyanyi bersama. Bernyanyi juga dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berbicara, meningkatkan keterampilan mendengar, dan menambah perbendaharaan kosakata anak. pilih lagu-lagu anak yang liriknya mudah diikuti dan mengandung pesan positif.

Baca juga

3. Perkenalkan Alat Musik

Mengenalkan alat musik pada anak juga merupakan cara yang efektif untuk mengenalkan dunia musik pada mereka. orang tua dapat mulai mengenalkan alat musik yang sederhana seperti piano, gitar, atau drum mini. Ajak anak untuk bermain-main dengan alat musik tersebut. Beri mereka kesempatan untuk mengeksplorasi suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut. Hal ini dapat membantu menumbuhkan ketertarikan anak tehadap musik dan melatih keterampilan motorik halus anak.

4. Mengajak Anak Nonton Konser atau Pertunjukan Musik

Membacwa anak nonton konser atau pertunjukkan musik dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak. pilihlah pertunjukkan yang sesuai dengan minat anak. dengan menghadiri pertunjukkan tersebut, anak akan dapat merasakan energi dan keindahan music secara langsung, sehingga dapat menumbuhkan minat anak untuk mempelajari musik lebih mendalam.

5. Libatkan Anak dalam Aktivitas Bermusik.

Melibatkan anak dalam aktivitas bermusik sehari-hari merupakan cara yang baik untuk mengenalkan music pada mereka. Misalnya, orngtua dapat membacakan buku yang bertema musik dan mengajak anak membuat alat musik sederhana dari benda-benda sehari-hari, seperti botol plastik atau kaleng kosong. Ajak anak bermain musik menggunakan alat-alat tersebut, beri mereka kesempatan untuk mengeksplorasi suara yang dihasilkan. Kegiatan seperti ini dapat membantu anak mengembangkan kreativitasnya.

Dengan mengenalkan musik pada anak sejak dini, orang tua dapat membuat dan menyiapkan mereka tetap terlibat, termotivasi, dan siap belajar untuk sukses di bidang lain dalam kehidupan mereka. Jadi, jangan takut bernyanyi  untuk anak walaupun suara tidak semerdu penyanyi terkenal, karena suara paling merdu bagi anak adalah suara orangtuanya. (LPH)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.