Tips Menjaga Imunitas Anak di Masa Pandemi

Menjaga Imunitas Anak di Masa Pandemi
Sumber: Freepik

Melihat kondisi Indonesia saat ini, mengharuskan kita untuk hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan. Pastinya perlindungan kepada keluarga lebih diutamakan, terutama kepada anak. Sebagai orang tua tentunya sekarang harus lebih ekstra dalam merawat dan memperhatikan anak.

Salah satunya yaitu menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan imunitasnya. Sistem imun atau daya tahan tubuh ini nantinya akan menjadi ‘benteng’ yang melindungi si kecil dari penyakit atau pun virus yang sedang menyerang sekarang ini. 

Baca juga

Agar imunitas anak tetap terjaga, ada beberapa hal yang bisa orang tua lakukan, di antaranya: 

Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan hal sederhana yang wajib dilakukan kepada anak agar menjadi kebiasaan. Walaupun terbilang mudah, namun anak terkadang masih lupa atau pun malas dalam mencuci tangan mereka. Bunda harus bisa menanamkan kebiasaan ini, karena hal sederhana ini bisa membangun kebiasaan hidup bersih sehari-hari.

Nampak sepele memang, namun kebiasaan mencuci tangan sangat efektif mencegah penyakit dan menjaga kesehatan anak selama pandemi. Pastikan si kecil mencuci tangan dengan cara yang benar, yaitu menggunakan air mengalir, sabun, dan bimbing ia mencuci tangan selama 20 detik. 

Memberi Makanan Bernutrisi

Perlu diketahui bahwa di masa pandemi ini, orang tua harus bisa membiasakan untuk memberi anak makanan dan minuman yang bernutrisi. Memberi nutrisi lengkap lewat makanan sehat adalah kunci menjaga kesehatan si kecil.

Pastikan menu makanan si kecil terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Berikan juga buah dan sayur yang kaya akan fitonutrien untuk meningkatkan imunitas anak.

Selain bisa membuat anak semakin sehat, anak juga menjadi terbiasa makan makanan sehat dan menjadi keuntungan untuk orang tua. Jadi, anak tidak susah untuk makan-makanan yang sehat seperti sayuran.

Waktu Tidur Cukup

Tidur yang kurang memang bisa dikatakan tidak memiliki manfaat sedikitpun. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang kurang tidur juga akan lebih gampang tertular penyakit. Sebab, kurang tidur dapat mengurangi jumlah sel penangkal penyakit di dalam tubuh yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.

Maka dari itu, untuk meningkatkan imunitas pada anak, pastikan jam tidur anak lebih diperhatikan lagi. Jika waktu tidur normal bagi orang dewasa 8 jam dalam sehari, untuk anak usia dini harus dilebihkan sekitar 10-12 jam per hari. Sebab daya tahan tubuh anak berbeda dengan orang dewasa.

Ajak Anak Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara alami yang paling ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Olahraga juga bisa meningkatkan sel pembunuh kuman alami dalam tubuh, menguatkan otot jantung, serta memperkuat tulang dan otot tubuh. Sehingga secara otomatis tubuh menjadi lebih kuat menangkal serangan penyakit.

Olahraga yang dimaksud tidak perlu yang berat ya, Bunda. Ajak anak berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda atau berenang. Jadikan olahraga sebagai kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap hari, agar menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan bagi anak. (Ajr)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.