Tips Menstimulasi Minat Baca Anak

Minat Baca Anak
[keluarga.com]
Mengapa Minat baca anak di Indonesia sangat rendah?  Hal itu disebabkan oleh adanya paradigma yang menyatakan bahwa anak belum bisa membaca identik dengan tidak cerdas serta lebih fokusnya orangtua terhadap kemampuan membaca. Kondisi ini sangat memprihatinkan, karena justru mengabaikan hal yang justru lebih penting yaitu Minat baca.  Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk menumbuhkan Minat baca anak sejak usia dini.

Benih baik yang ditanam akan menghasilkan buah yang baik juga. Begitu juga dengan pembiasaan membaca sejak kecil. Anak yang mempunyai Minat baca tinggi akan berdampak pada kesuksesan akademiknya di masa mendatang karena mereka telah menjadi pembaca yang baik.

Baca juga  :  Pentingnya Kebiasaan Membaca Bagi Anak

Berikut ini tips menstimulasi Minat baca anak, antara lain :

1. Membacakan buku dengan suara lantang secara rutin

Pembiasaan mendengarkan kata pada anak akan berdampak pada perkembangan pemahaman membaca, kosa kata dan pemenggalan kata, sehingga anak akan terstimulasi untuk membaca sendiri.

2. Mengelilingi anak dengan berbagai buku bacaan

Meletakkan koleksi buku bacaan yang menarik di mobil, kamar mandi, tempat tidur, ruang keluarga, kamar dan ruang TV akan menumbuhkan Minat baca anak.

Baca juga  :  Memilih Bacaan untuk Mengembangkan Minat Baca Anak

3. Menyediakan waktu membaca keluarga

Menyediakan waktu 15-30 menit untuk membaca dengan seluruh anggota keluarga akan membuat anak ikut membaca. Pembiasaan ini jika dilakukan 15 menit setiap hari akan meningkatkan Minat baca anak.

4. Menjadikan membaca sebagai bagian hidup

Menu makanan, rambu di jalanan, acara TV, petunjuk pada mainan dan lain sebagainya merupakan informasi praktis yang dapat ditemukan setiap hari. Membiarkan anak membaca semua informasi tersebut maupun mengajaknya untuk mengisi waktu luang dengan membaca saat perjalanan di mobil atau menunggu giliran di dokter akan menstimulasi Minat baca anak.

5. Tur ke Perpustakaan Secara Rutin

Perpustakaan merupakan surga bagi pembaca. Mengadakan tur kecil-kecilan dengan anak setiap beberapa minggu sekali secara rutin akan mengembangkan Minat baca mereka. Mengapa? Anak-anak akan merasa surprise dengan koleksi buku bacaan terbaru sehingga selalu haus untuk membaca.

6. Mengetahui perkembangan kemampuan membaca anak

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya mempunyai kemampuan membaca yang baik. Namun, jarang yang memperhatikan bagaimana perkembangan kemampuan membaca anak. Seharusnya orangtua mengetahui apakah anaknya sekedar membunyikan huruf atau memang memahami apa yang dibacanya. Kemampuan membaca yang baik seharusnya juga diikuti oleh Minat baca yang tinggi.

7. Menggunakan cara yang bervariasi

Saat ini telah banyak permainan atau program di komputer untuk mengembangkan kemampuan membaca anak. Permainan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan Minat baca anak dengan cara yang menyenangkan.

8. Ekspresif saat anak membaca

Ekspresi orangtua saat anak membaca akan mempengaruhi Minat baca. Mengapa? Rasa antusias orangtua akan memotivasi anak untuk menjadi pembaca yang baik. Pujian yang tulus atas usaha keras anak akan membuat anak mempunyai Minat baca yang tinggi.

Tidak sulit bukan untuk menstimulasi Minat baca anak?
(Nik)

Tinggalkan Balasan