Tips Menstimulasi Perkembangan Anak

Menstimulasi Perkembangan Anak
Sumber: Freepik

Physical Distancing mengharuskan siapa saja untuk membatasi aktivitas di luar rumah, termasuk si kecil. Kegiatan bermain sambil belajar sementara ini dilakukan di rumah.

Nah, saat-saat seperti sekarang ini bisa menjadi tantangan baru untuk orang tua karena secara langsung membantu si kecil membimbing Minat baca dan Minat belajar dari rumah, menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah, dan mengurus pekerjaan rumah di waktu bersamaan. Mungkin dengan kegiatan yang cukup banyak, orang tua dan si kecil bisa rentan kelelahan, merasa bosan, namun harus tetap bersabar untuk di rumah saja.

Meskipun banyak aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan, situasi ini bisa dimanfaatkan untuk mempererat ikatan orang tua dan anak. Selain itu waktu di rumah saja bisa dijadikan kesempatan untuk menstimulasi perkembangan kemampuan si kecil, seperti kemampuan intelektual, fisik, emosi, kreativitas dan rasa ingin tahunya.

Baca juga

Berikut tips stimulasi perkembangan anak yang bisa bunda terapkan, diantaranya:

Melatih Kemampuan Sosial

Kemampuan sosial tentu penting untuk kehidupan sehari-hari maupun masa depan anak. Namun, pada saat dirumah saja, orang tua bisa tetap menstimulasi kemampuan sosial si kecil dengan anggota keluarga di rumah.

Arahkan ia mengungkapkan pendapat dengan gaya Ayah, Bunda, dan kakak. Tentu akan sangat menyenangkan melihat si kecil bisa meniru gaya sambil mengemukakan pendapatnya.

Komunikasi Kepada Anak

Anak pada dasarnya sudah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahunya mendorong keinginan ia untuk belajar dan menemukan hal baru. Karena setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda tergantung dari lingkungan dan pola asuh yang diberikan di rumah, maka inilah saat-saat yang tepat untuk Ayah Bunda memberikan stimulasi dan edukasi yang baik pada si kecil karena ia akan lebih mudah menangkap dan hal tersebut juga membuat rasa keingintahuannya semakin besar. 

Gunakan Kemampuan Otak dan Tangan Anak untuk Menstimulasi Kreativitasnya

Kreativitas menjadi hal yang paling menarik di dunia edukasi anak. Kemampuan kreativitas menjadi salah satu kemampuan yang paling penting di era teknologi dan ilmu pengetahuan. Si Kecil dengan kemampuan kreativitas juga memiliki kecerdasan, rasa keingintahuan dan kemampuan imajinasi yang tinggi. Tentunya kreativitas bisa dipelajari oleh si Kecil bahkan dengan cara yang sederhana, yaitu bermain. Permainan yang bisa dilakukan bersama anak seperti lego, puzzle, dan mewarnai. (Ajr)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.