Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak

minat baca

Sudah bukan mitos lagi bahwa membaca memiliki banyak manfaat yang sangat menunjang perkembangan seorang anak, baik perkembangan kognitif maupun sosial emosionalnya. Untuk menumbuhkan Minat baca anak, tentu ada cara-cara tertentu. Apakah Ayah Bunda tahu bagaimana cara yang tepat agar anak suka membaca? Yuk, simak tips berikut ini!

Beri Pemahaman Pentingnya Membaca Buku

Saat orang tua dan anak sedang pergi ke pusat perbelanjaan, ajaklah ia untuk mengunjungi toko buku. Apabila ia tidak mau, segera katakan bahwa membaca buku adalah hal penting yang dapat membuat wawasannya semakin luas.

Jika ini kali pertama, jangan memaksanya untuk membeli buku. Biarkanlah ia memilih buku yang menurutnya menarik.

Jika anak dipaksa maka bukan Minat dan rasa senangnya yang tumbuh, namun malah anak bisa benci membaca. Sebab apapun yang dipaksakan itu tidak akan pernah berhasil, namun bisa membuat anak tertekan.

Maka dari itu, orang tua harus menjadi teladan dalam mengarahkan anak menyukai buku. Dengan demikian, jika anak sudah menyukai buku, maka ia akan terus membaca buku-buku lainnya dan secara tidak sadar, Minat membacanya jadi tumbuh.

Baca juga

Beri Contoh dengan Membaca di Hadapan Anak

Langkah ini juga menjadi satu yang krusial. Pasalnya, anak kerap kali meniru tingkah orang tuanya dalam segala hal. Apapun yang dilakukan orang tuanya pasti anak juga akan menirunya. Maka dari itu, di hadapan anak orang tua harus menunjukan sifat yang bagus dan baik agar bisa ditiru anak, salah satunya yaitu membaca.

Karenanya, melihat orang tua rajin membaca juga akan menumbuhkan keinginan anak untuk membaca juga. Selain itu, juga dapat membuat anak merasa bahwa membaca buku adalah hal biasa yang menyenangkan untuk dilakukan setiap hari.

Mulai Kenalkan Anak dengan Buku Sejak Dini

Tidak pernah ada istilah terlalu cepat untuk membuat anak senang membaca. Ada banyak buku yang bisa dikenalkan pada anak. Misalnya buku kain, buku-buku yang memiliki tekstur, atau buku-buku yang tahan air sehingga bisa lebih tahan lama. Bahkan buku ini bisa dimainkan ketika anak-anak sedang mandi.

Lewat buku, bisa memberikan pengalaman dan menstimulasi anak-anak untuk mulai mencintai buku. Harapannya, dari sini anak-anak bisa mulai mencintai dunia buku dengan cara yang menyenangkan dan menarik. Sehingga tujuan menumbuhkan Minat baca anak dapat tercapai dengan baik (Ajr)

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.