Tokoh Terkenal di Dunia yang Gemar Membaca

Kita semua tahu bahwa salah satu manfaat dari memiliki minat baca yang tinggi adalah membuat kita menjadi kaya pengetahuan dan bertambah pintar. Manfaat inilah yang seringkali berperan besar dalam penentuan kesuksesan seseorang dan keberhasilannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca buku adalah faktor keberhasilan seseorang. Kesimpulan ini bukanlah asumsi belaka, karena terbukti bahwa banyak tokoh terkenal di dunia yang  gemar membaca. Siapa sajakah tokoh–tokoh tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Thomas Alva Edison
Siapa yang tidak mengenal Thomas Alva Edison? Ilmuwan yang terkenal sebagai penemu bohlam lampu ini pun sudah kita kenal sejak di bangku sekolah dasar. Dari sebuah situs yang bernama www.thomasedison.com diberitakan bahwa sebenarnya masih banyak penemuan lain yang dibuat ilmuwan ini dan bahkan setiap dua minggu sekali sepanjang karirnya, Thomas mematenkan penemuannya. Tahukah anda bahwa salah satu kesuksesannya adalah karena minat baca tinggi yang dimiliki?

Thomas Alva Edison, tokoh terkenal di dunia yang gemar membaca

Masih menurut situs yang sama, masa kecil Edison dianggap oleh guru sekolahnya tidak mampu menangkap pelajaran. Namun ternyata, Edison bukannya tidak mampu menangkap pelajaran tapi karena Edison berpikir jauh melampaui teman sebayanya. Hal ini karena Edison kecil adalah anak yang memiliki rasa penasaran yang tinggi dan menyalurkannya lewat membaca. Contoh buku yang dibaca oleh Edison adalah, buku karya William Shakespeare, Charles Dickens, Edward Gibbon dan buku kimia serta pengetahuan alam secara umum.

2. Abraham Lincoln
Abraham Lincoln merupakan salah satu presiden Amerika Serikat yang menjabat tahun 1861 sampai dengan 1865. Lincoln adalah seorang presiden yang terkenal akan perang saudara yang dilakukan hingga mampu menghapuskan perbudakan dan membuka jalan untuk kapitalisme serta industrialisasi di Amerika Serikat.

Abraham Lincoln, tokoh terkenal di dunia yang gemar membaca

Sebenarnya Lincoln berasal dari keluarga ekonomi kelas bawah. Namun dia berhasil membangun karirnya secara otodidak menjadi seorang pengacara di Illionis. Selain itu, Lincoln pun cukup dikenal sebagai politikus yang menjabat sebagai pemimpin partai, anggota legislative hingga akhirnya menjadi seorang presiden.

Dalam sebuah situs yang bernama suite.io disebutkan bahwa Lincoln adalah seseorang yang memiliki minat baca yang cukup tinggi. Kesukaannya adalah membaca buku buku karya sastra yang digunakan untuk membantunya membentuk pandangan serta kebijakan politik yang diambil. Beberapa jenis buku yang dibacanya adalah cerita fable dan injil. Buku ini banyak ia baca semasa masih kecil. Sementara itu, saat sudah dewasa, Lincoln banyak membaca buku karya Robert H. Newell dan banyak puisi karya Egdar Allan Poe serta Robert Burns.

3. Maxim Gorky

Maxim Gorki, tokoh terkenal di dunia yang gemar membaca
Tokoh terkenal ketiga yang sukses karena minat baca yang tinggi adalah Maxim Gorky. Maxim Gorky adalah seorang penulis cerita pendek serta novel dari Rusia yang juga memiliki minat baca yang tingggi. Lahir di keluarga dengan ekonomi kelas bawah, Gorky sempat bekerja menjadi pencuci sayuran dan mengenal baca tulis dari juru masak tempat dia bekerja. Sejak saat itulah, Gorky sangat menyenangi buku. Minat bacanya ini mengantarkannya pada karya karya yang hebat. Sebut saja beberapa karyanya seperti Pesnya O Burevestnike (Song of the Stormy Petrel), Gorod Zhyoltogo Dyavola (The City of the Yellow Devil). Selain itu, masih pula banyak karya lainnya yang tetap dikenang hingga saat ini dan sangat jelas bahwa semua berasal dari minat bacanya yang sangat tinggi. (Jpa/Ern)