Usaha Menumbuhkan Minat Baca

Menumbuhkan Minat Baca

Bagaimana usaha dalam menumbuhkan minat baca khususnya pada anak adalah penting. Karena membaca merupakan satu hal yang dapat membantu tumbuh kembang pada anak nantinya menjadi lebih baik. Selain itu juga, dapat menjadikan anak bersikap lebih baik dan juga secara tidak langsung dapat lebih terbuka kepada orang tua tentunya. Tetapi orang tua juga harus ambil bagian dalam menumbuhkan minat baca pada anak. Dan terdapat beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca tersebut.

Usaha atau cara yang dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Peran Orang tua

Peran orang tua sebaiknya menjadi orang terdekat dengan anak. Jangan sampai orang lain menggantikannya, karena akan berakibat aktivitas anak yang tidak terkontrol dengan baik dan tidak bisa membiasakan membaca buku pada anak nantinya.

2. Sarana yang Tepat

Sarana yang ada di dalam rumah ataupun ketika anak berada di sekolah. Sarana tersebut tentunya adalah sebuah buku yang dapat dibaca. Seperti ketika di rumah juga dapat membuat sebuah perpustakaan keluarga sehingga anak dapat membaca buku setiap saat.

3. Motivasi

Menumbuhkan motivasi untuk selalu menyempatkan membaca buku juga menjadi satu hal yang penting dan dapat dilakukan oleh orang tua. Ataupun juga dapat memberikan motivasi dengan cara memberikan sebuah hadiah ketika anak selesai membaca setidaknya satu buah buku setiap harinya. Tentu lama kelamaan bukan hadiah yang dicarinya, tetapi buku apa yang belum sang anak baca pada setiap harinya.

Baca juga

4. Suasana

Dalam membaca, tentu harus menciptakan suasana yang tenang dan asyik. Dan mendampingi anak saat membaca dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak dan juga dapat menjelaskan secara jelas ketika anak tidak mengetahui maksud dari apa yang sudah dibacanya.

5. Berkomentar

Membiarkan anak memberikan komentar terhadap sesuatu juga dapat dilakukan. Karena dengan hal ini anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Dan nantinya sebagai orang tua juga dapat memberikan sebuah informasi yang baru dengan mudah.

6. Waktu Membaca

Memberikan waktu untuk membaca sebuah buku. Misalkan meluangkan akhir pekan untuk membaca buku, atau juga bisa memberikan kebebasan untuk membaca buku kapan saja. Tetapi, yang terpenting adalah orang tua juga harus memperhatikan buku yang dibaca oleh anak. Jangan sampai nantinya membaca sebuah buku yang tidak seharusnya dibaca karena pada akhirnya akan berdampak sangat buruk. Baik itu dalam hal perkembangan mental maupun juga bagaimana nantinya perubahan sikap yang ditimbulkan.

7. Membuat Pertanyaan

Setelah selesai membaca buku, sebaiknya sebagai orang tua memberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan terkait dengan buku yang dibaca. Agar anak juga dapat mengingat kembali apa yang sudah dibaca dan sekaligus melatih daya ingat semakin baik.

8. Orang tua Memperhatikan

Ketika orang tua telah menerapkan kebiasaan membaca, tentu yang selanjutnya adalah bagaimana orang tua dapat memperhatikan apakah anak mengalami kesulitan membaca atau menyerap informasi. Jika memang terdapat kesulitan tersebut, sebaiknya memulainya kembali dengan cara yang perlahan dan selalu dalam pengawasan orang tua.

Masih ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh para orang tua dalam menjalankan perannya untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Orang tua tentu bukan satu-satunya yang harus melakukan usaha dalam menumbuhkan minat membaca pada anak. Karena pada akhirnya juga harus dibantu oleh beberapa aspek lainnya. Misalkan ketika berada di sekolah, tentunya juga guru sebagai pengganti orangtua ketika berada di rumah. Juga semua orang dewasa ketika berada di lingkungan sekitar yang selalu dapat mengingatkan bahwa membaca buku adalah sebuah kebiasaan yang baik dan sangat penting. (Cw/Ern)

Tinggalkan Balasan