Yuk Kita Mendongeng untuk Anak

Yuk Kita Mendongeng untuk Anak

Memperdengarkan sebuah cerita untuk anak akan memacu perkembangan emosi, imajinasi, dan daya kreatifitas anak. Banyak nilai positif yang didapatkan dari dongeng, tetapi apabila cerita yang kita mendongeng hal yang diulang-ulang, anak akan cepat bosan. Bagaimana cara mengatasi kejenuhan anak?

Baca juga  :  Yuk! Mendongeng dengan Menyenangkan

Ayah bunda, untuk mendapat perhatian anak cobalah menggunakan gambar-gambar yang menarik, biasanya anak akan lebih suka bila ada gambar atau boneka yang bisa dijadikan media mendongeng, dengan cara itu anak akan lebih mudah memahami isi cerita.

Selain gambar, kita juga bisa pilih buku cerita yang menarik dan penuh warna apabila mendongeng dengan buku, sekarang sudah banyak buku cerita untuk anak yang bervariasi namun selain dari sampul buku yang menarik kita harus membaca terlebih dahulu isi dari buku tersebut apakah cocok untuk anak.

Kita juga bisa menggunakan cerita sendiri untuk mendongeng pada anak dan menjadikan mereka sebagai tokoh utama, tentu saja anak akan semakin bersemangat, biasanya anak akan bertanya-tanya bagaimana kelanjutan ceritanya. Jangan malu jika kita harus menggunakan aneka macam suara atau gerakan-gerakan yang ekspresif untuk menggambarkan tokoh dongeng.

Baca juga  :  Mengembangkan Imajinasi Anak

Ayah bunda, jangan remehkan anak kita, meskipun dalam segi usia dia masih kecil tetapi daya imajinasinya luar biasa dan tidak terduga. Yuk kita mendongeng untuk anak untuk mengembangkan daya imajinasi anak. (Ern)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: